STUDI “KETERKAITAN” ARSITEKTUR MASJID AGUNG DEMAK TERHADAP ARSITEKTUR MASJID-MASJID LAIN DI KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Mohhamad Kusyanto Universitas Sultan Fatah Author

Keywords:

Keterkaitan, Arsitektur, Masjid

Abstract

Arsitektur Masjid Agung Demak merupakan aset Kabupaten Demak dan perlu dilestarikan dikarenakan dalam proses pembangunannya memadukan dengan budaya setempat yang saat itu telah ada (Hindu, Budha dan kepercayaan / kebatinan).. Arsitektur Masjid Agung Demak ini juga merupakan arsitektur awal / pertama di Kabupaten Demak yang saat itu adalah Kerajaan Bintoro Demak.
Tata ruang dan fasade Masjid Agung Demak sampai saat ini masih dipertahankan. Sejalan dengan menyebarnya agama Islam Di Kabupaten Demak khususnya dan di Indonesia pada umumnya, bermuncullah masjid-masjid sebagai tempat ibadah umat Islam.
Arsitektur masjid-masjid yang didirikan oleh umat Islam di Kabupaten Demak ini dianalisis terkait dengan arsitektur Masjid Agung Demak baik tata ruangnya maupun fasade bangunannya.
Penelitian ini bertujuan mengetahui keterkaitan arsitektur masjid Agung Demak dengan masjid-masjid lain di Kabupaten Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan diantara arsitektur masjid-masjid tersebut.

COVER TATAL

Downloads

Published

2008-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

STUDI “KETERKAITAN” ARSITEKTUR MASJID AGUNG DEMAK TERHADAP ARSITEKTUR MASJID-MASJID LAIN DI KABUPATEN DEMAK. (2008). TATAL, 4(1), 33-41. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/90