EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG WILAYAH PESISIR PANTAI MORODEMAK

Authors

  • Juang Akbardin Universitas Sultan Fatah Author

Keywords:

Morodemak, Pesisir Pantai, Karakteristik Demand, Pelayanan, Kebutuhan, Angkutan Umum

Abstract

Keseimbangan persepsi kebutuhan angkutan umum merupakan suatu pendekatan
berdasarkan persepsi demand yang harus dipenuhi dengan mengupayakan kondisi persepsi operator
yaitu Pendapatan Biaya Operasi Kendaraan dalam margin keuntungan 5 % - 10 %. (Dephub, 1993)
Karakteristik demand angkutan umum wilayah pesisir pantai Morodemak adalah captive user, yang
sangat tergantung dengan keberadaan angkutan tersebut. Hubungan kinerja pelayanan angkutan umum
Morodemak mengikuti kondisi aktvitas dan mobilisasi daerah pesisiran dengan mempunyai indikasi
pelayanan LF Dinamis rata-rata 1,06, LF dinamis berdasarkan penggalan zona rata – rata 0,65. Headway
5 menit dan waktu tunggu 2,5 serta frekwensi kendaraan 13 kendaraan merupakan indikasi kinerja
pelayayan yang cukup baik. Tingkat pendapatan operator berdasarkan BOK + keuntungan dalam
margin 5 % - 10 % belum memberikan suatu kelayakan finansial dengan keberadaan nilai tarif yang
sedang berlaku. Berdasarkan BOK + 10 % kelayakan nilai tarif yang dianggap seimbang yaitu Rp. 128
per seat / km. Nilai tersebut dirasakan sangat mahal karena kondisi karakteristik demand angkutan
umum wilayah pesisir pantai Morodemak untuk mengeluarkan biaya transoprtasi dalam setiap bulannya
adalah 19,2 % dari pendapatan yang diperolehnya. Variabel dalam tingkat persepsi operator dan
pengguna angkutan umum wilayah pesisir pantai Morodemak menghasilkan suatu nilai pendekatan
untuk mewujudkan kondisi efisiensi dalam pelayanan ditingkat operator maupun pengguna. Suatu
Pendekatan Rasionalisasi yaitu dengan suatu penerapan manajemen pelayanan dalam merespon kondisi
karakateristik demand dengan merubah jumlah dan distribusi pelayanan dalam merespon karakteristik
demand angkutan umum wilayah pantai Morodemak. Distribusi jam puncak pagi dari arah Morodemak
dan jam puncak sore dari arah Demak merupakan periode diperlukannya suatu jumlah dalam batas
maksimum untuk armada yang melayani rute tersebut.

COVER TATAL

Downloads

Published

2005-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG WILAYAH PESISIR PANTAI MORODEMAK. (2005). TATAL, 1(1), 25-40. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/78