PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA CERITA BERBASIS MOBILE LARNING DENGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE

Authors

  • Ahmad Mufid Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Sultan Fatah Author
  • Erlin Wahyu Timor Tiningsih Author

Keywords:

Pendidikan Karakter, Mobile Learning, Handphone

Abstract

Perkembangan handphone yang awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi, sekarang sudah bisa dimanfaatkan oleh kegiatan-kegiatan lainnya. Dalam perkembangannya, handphone ini digunakan oleh anak-anak sekolah dasar. Pengaruh negatif dari handphone yang mampu mengakses konten-konten yang tidak sesuai dengan umur anak sekolah dasarakan berdampak pada pendidikan karakter anak. Handphone ini perlu dimanfaatkan sebagai media pembelajaran atau mobile learning. Dengan media cerita yang sangat disukai anakanak, pendidikan karakter ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan handphone. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui penggunaan media cerita dalam pendidikan karakter dan untuk mengetahui penggunaan mobile learning dalam mendukung pembelajaran anak sekolah dasar dengan menggunakan handphone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadakan survei untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran pendidikan karakter melalui cerita di salah satu sekolah dasar, penggunaan handphone sebagai media pembelajaran, potensi pengembangan dan penggunaan mobile learning dalam pendidikan karakter anak-anak sekolah dasar. Langkah berikutnya melakukan analisis dengan metode analisis deskriptif dokumentatif agar didapatkan keluaran berupa program perencanaan mobile learning model cerita yang dapat diaplikasikan pada handphone. Hasil yang diharapkan pendidikan karakter anak sekolah dasar dengan media cerita berbasis mobile learning dengan menggunakan handphone.

Downloads

Published

2014-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA CERITA BERBASIS MOBILE LARNING DENGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE. (2014). TATAL, 9(2), 75-82. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/21