RANCANG BANGUN E-LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG PRAKTIS, FLEKSIBEL DAN EDUKATIF BERBASIS WEB

Authors

  • Achmad Nuruddin Safriandono Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Sultan Fatah Author
  • Mohamad Charis Author

Keywords:

e-LKS, Media Pembelajaran, Web

Abstract

Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat berupa teoritis dan atau tugas-tugas praktis. Tugas teoritis misalnya tugas membaca sebuah artikel tertentu, kemudian membuat resume untuk dipresentasikan. Sedangkan tugas praktis dapat berupa kerja laboratorium atau kerja lapangan, misalnya survey tentang harga cabe dalam kurun waktu tertentu di suatu tempat.
Lembar Kerja Siswa (LKS) Merupakan salah satu jenis alat bantu pembelajaran, bahkan ada yang menggolongkan dalam jenis alat peraga pembelajaran. Dalam pengertian lainnya Lembar kerja siswa (LKS) ialah lembar kerja yang berisi informasi dan perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan.
Dalam perancangan penelitian aplikasi ini, penulis menggunakan Penelitian ini menggunakan permodelan dengan menggunakan Flowchart diagram untuk menggambarkan alur dari system E-LKS yang akan dibuat. Secara umum LKS merupakan perangkat pembelajaran sebagai pelengkap atau sarana pendukung pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lembar kerja siswa berupa lembaran kertas yang berupa informasi maupun soal-soal (pertanyaanpertanyaan) yang harus dijawab oleh peserta didik. LKS ini sangat baik digunakan untuk menggalakkan keterlibatan peserta didik dalam belajar baik dipergunakan dalam penerapan metode terbimbing maupun untuk memberikan latihan pengembangan.

Downloads

Published

2014-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

RANCANG BANGUN E-LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG PRAKTIS, FLEKSIBEL DAN EDUKATIF BERBASIS WEB. (2014). TATAL, 10(1), 25-35. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/19