STUDI LAPANGAN TERHADAP PENYUSUNAN DESAIN AMBROLNYA PONDASI JEMBATAN KERTEN

Authors

  • Fatchur Roehman Universitas Sultan Fatah Author

Keywords:

Studi lapangan, Desain, Pondasi Jembatan

Abstract

Jembatan Kerten menghubungkan jalan antar dusun sebagai fungsi transportasi dan akses hasil pertanian, jembatan tersebut dilewati sungai yang mengairi areal persawahan dan perkebunan di Desa Pojok, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan seluas 23 Ha. Sungai tersebut bersumber dari beberapa sungai kecil yang diatasnya dari desa lainnya. Namun pada tahun 2010 jembatan yang terbuat dari bis beton diameter 100 cm kondisinya rusak, sehingga diusulkan ke PNPM-Mandiri Perdesaan pada tahun 2011 namun baru terealisasi pada PNPM Paska Krisis 2011 sebagai sisa usulan MAD Penetapan 2011. Kerusakan jembatan tersebut karena tidak mampu untuk menampung debit sungai yang besar serta kondisi jembatan lebih rendah sering tergenang atau terjadi limpasan disaat terjadi hujan deras. Kondisi sangat menyulitkan karena jembatan tersebut terletak di dua pertemuan dari dua sungai. Dalam perencanaan tersebut digunakan konstruksi jembatan plat dari bahan cor beton dan konstruksi bawanhya atau pondasinya terbuat dari pasangan batu belah putih, disaat pelaksanaan pemasangan pondasi jembatan baru ketinggian 1 m terhantam aliran sungai yang deras akibat hujan deras tiba, sehingga terjadi pemusaran aliran pertemuan di dua sungai tersebut. Kerusakan pondasi diluar rencana desain semula, sehingga perlu dilaksanakan re-desain dan membangun jembatan kembali.

COVER TATAL

Downloads

Published

2012-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

STUDI LAPANGAN TERHADAP PENYUSUNAN DESAIN AMBROLNYA PONDASI JEMBATAN KERTEN. (2012). TATAL, 8(1), 31-40. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/130