PERANCANGAN APLIKASI RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DAN MCS-51 UNTUK ADMINISTRASI KESISWAAN (HARDWARE)

Authors

  • Toyibin Universitas Sultan Fatah Author

Keywords:

RFID, Smart Card, Port Serial, Visual Basic 6.0

Abstract

Radio Frequency Identification (RFID) adalah suatu metode penyimpanan dan pengambilan kembali data melalui gelombang radio dengan menggunakan suatu alat yang disebut RFID Tags dan RFID Reader. Data yang ditransmisikan dapat berupa kode-kode yang bertujuan untuk mengidentifikasi suatu objek tertentu. Suatu RFID Tags dapat berupa benda yang sangat kecil sehingga dapat disatukan dengan menggunakan media kertas stiker misalnya. Ketika kode-kode identitas yang terdapat pada RFID tags yang direkatkan dengan stiker tersebut dibaca oleh peralatan RFID Reader, maka secaa otomatis dentitas dari benda yang telah diberi RFID tags tersebut akan segera diketahui.
Kegunaan dari sebuah sistem RFID adalah untuk memungkinkan data ditransmisikan oleh sebuah peralatan portable, yang disebut tags, yang mana tags tersebut dibaca oleh sebuah RFID reader dan memproses data yang terbaca tersebut sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan digunakan.

COVER TATAL

Downloads

Published

2011-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERANCANGAN APLIKASI RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DAN MCS-51 UNTUK ADMINISTRASI KESISWAAN (HARDWARE). (2011). TATAL, 6(2), 73-78. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/117