PROTEKSI KATODIK BAJA AISI 1020 MENGGUNAKAN ANODA ALUMUNIUM

Authors

  • Jeni Fariadhie Universitas Sultan Fatah Author

Keywords:

Proteksi Katodik, Anoda Karbon, Laju Korosi

Abstract

Korosi atau karat merupakan peristiwa penurunan mutu material pada bahan logam akibat
intraksi yang tidak menguntungkan dengan lingkungan. Korosi tidak dapat dihindari atau dihilangkan,
namun dapat dikendalikan dengan melakukan proteksi katodik sistem anoda korban, yaitu memasang anoda
korban pada bagian yang hendak diproteksi. Percobaan dilakukan dengan cara mengukur laju korosi dengan
menggunakan metode kehilangan berat. Pengujian hanya akan dilakukan dengan menggunakan anoda
aluminium, Baja yang digunakan pada pengujian ini adalah baja tipe AISI1020. Lingkungan air laut
diganti dengan air garam 3,5 % dengan variasi kecepatan air 0.00 m/s, 0.09 m/s, 0.18 m/s, 0.27 m/s dan
0.36 m/s selama 3 hari atau 72 jam. Laju korosi baja AISI 1020 tanpa proteksi semakin meningkat seiring
dengan meningkatnya kecepatan air. Proteksi katodik dengan menggunakan anoda korban sangat effektif
untuk melindungi baja dari serangan korosi. Penggunaan anoda alumunium cocok digunakan pada
lingkungan air laut, sebab memiliki arus dan karakteristik berat yang baik.

COVER TATAL

Downloads

Published

2010-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite