PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN AIR BERSIH BERBASIS PLC OMRON CPM 2A

Authors

  • Luqman Assaffat Universitas Sultan Fatah Author

Keywords:

Pengolahan Air Bersih, Otomasi, PLC, Ladder Diagram

Abstract

Air sebagai unsur utama dalam kehidupan manusia, memberikan pengaruh sangat penting dalam menjalankan aktivitasnya. Sehingga setiap hari manusia selalu membutuhkan air yang baik dan bersih untuk digunakan mencukupi kebutuhannya. Dan dengan bertambahnya jumlah manusia, kebutuhan terhadap air bersih juga semakin meningkat.
Untuk mencukupi kebutuhan air bersih penduduk suatu daerah, khususnya perkotaan dewasa ini semakin sulit. Hal ini disebabkan telah rusaknya daerah aliran sungai yang terdapat di perkotaan , dan apabila menggantungkan dengan sumber air tanah (artesis) akan cepat merusak lingkungan daerah perkotaan tersebut.
Salah satu langkah untuk mencukupi kebutuhan air bersih suatu daerah adalah dengan cara pengolahan air kotor (air sungai) menjadi air bersih yang dapat digunakan. Suatu sistem pengolahan air bersih yang dirancang otomatis dalam perpindahan air, pengolahan air, serta penyalurannya sehingga dapat mengurangi tenaga operator dalam proses tersebut. Teknologi PLC Omron CPM 2A dapat dimanfaatkan untuk perancangan sistem pengolahan air bersih secara otomatis.

COVER TATAL

Downloads

Published

2009-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN AIR BERSIH BERBASIS PLC OMRON CPM 2A. (2009). TATAL, 5(1), 42-53. https://e-jurnal.unisfat.ac.id/index.php/jt/article/view/105