ENGARUH BEBAN INJAKAN DAN JENIS KAMPAS REM TERHADAP KEAUSAN KAMPAS REM TROMOL DAIHATSU GRANMAX
Kata Kunci:
Beban injakan, Jenis Kampas Rem, Keausan Kampas RemAbstrak
Kendaraan sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar pada era mobilitas tinggi seperti sekarang ini. Kendaraan dapat bekerja secara normal jika seluruh sistem pendukungnya berfungsi dengan baik. Salah satu sistem pendukung yang sangat menentukan dalam berkendara adalah sistem rem. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beban injakan pedal rem terhadap keausan kampas rem tromol Daihatsu GranMax agar mendapat hasil pengukuran yang sesuai. Permasalahan dari skripsi ini adalah pengaruh beban injakan pedal rem 1 kgf, 2 kgf dan 3 kgf pada jenis kampas rem Daihatsu Aisin, Kashiyama dan Kagawa terhadap keausan kampas rem tromol Daihatsu GranMax dengan kecepatan putaran roda 1000 rpm dan waktu injakan pedal rem 15 detik/second. Penelitian untuk mengetahui keausan yang ditimbulkan dari berbagai jenis kampas rem tromol Daihatsu GranMax. Mengenai pengaruh beban injakan pedal rem dan jenis kampas rem pada penelitian ini didapat rata-rata keausan yang paling kecil pada kampas rem jenis Aisin dengan beban injakan pedal rem 1 kgf sebesar 0,13 mm. Sedangkan untuk rata-rata keausan yang paling besar terjadi pada kampas rem jenis Kagawa dengan beban injakan beban 3 kgf sebesar 0,66 mm. Hasil penelitian ini pada penggunaan jenis kampas rem Aisin menimbulkan keausan yang paling seddikit sehingga dapat disimpulkan jenis kampas rem Aisin memiliki kualitas baik