PENGARUH JENIS RANGKAIAN TRANSISTOR CONTROLLED IGNITION DAN RPM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PERTALITE PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K

Penulis

  • Satrio Mukti Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Penulis
  • Budi Agus Setiyawan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Penulis

Kata Kunci:

konsumsi bakar, rangkaian transistor, putaran mesin

Abstrak

Semakin menipisnya persediaan dan naiknya harga bahan bakar telah membuat banyak orang semakin kreatif dalam berupaya untuk mencari bahan bakar alternatif dan meningkatkan efesiensi pembakaran kendaraan bermotor. Rangkaian dari transistor ini diklaim dapat memberikan akselerasi pada mesin dengang mengkombinasikan sebuah rangkaian dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pada sebuah rangkaian transistor dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar mesin Toyota kijang 5K agar dapat mendapat hasil pengukuran yang sesuai. Permasalahan dari skripsi ini adalah pengaruh jenis rangkaian transistor model 1,2,3 dan 4 pada putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, dan 3000 rpm, selama 60 second/detik. penelitian untuk mengetahui konsumsi bahan bakar yang ditimbulkan dari berbagai model rangkaian transistor pada putaran mesin Toyota Kijang 5K. Hasil penelitian ini pada penggunaan model rangkaian transistor dengan jenis 4 model dari rankaian tanpa TCI, Single, double, quad menimbulkan konsumsi bahan bakar yang paling sedikit sehingga dapat disimpulkaan bahwa rangkaian transistor dengan model 4 jenis ini memiliki kualitas baik. Mengenai pengaruh penambahan pada rangkaian transistor ini didapat rata-rata konsumsi yang kecil pada rangkaian transistor adalah model 4 dengan putaran mesin 3000 rpm sebesar 13,8 ml dan rata-rata konsumsi bahan bakar yang paling besar pada rangkaian transisitor model 1 dengan putaran 1500 rpm sebesar 12,4 ml. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-16