PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER CVT TERHADAP TORSI, DAYA DAN KECEPATAN PADA SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 110 CC PGM-FI

Penulis

  • Ahmad Rizki Kurniawan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Penulis

Kata Kunci:

Daya, Torsi, Kecepatan, Variasi Roller, CVT

Abstrak

Sepeda motor jenis matic menerapkan transmisi jenis CVT (Countinuous Variable Transmision) atau biasa disebut transmisi otomatis yang cara kerjanya yaitu dengan pergerakan puli sebagai pembeda putaran antara mesin dengan roda yang dihubungkan menggunakan belt. Tujuan yang dicapai dalam penelian ini adalah dapat mengetahui berapa besar pengaruh berat roller CVT terhadap torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Penelitian ini menggunakan suatu metode eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, didapatkan bahwa semakin tinggi berat roller maka daya yang dihasilkan tidak selalu besar sebanding dengan perubahan putaran mesin. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, didapatkan bahwa semakin ringan berat roller semakin kecil torsi yang dihasilkan mesin. Berdasarkan hasil penelitian, Dari ke – 4 pengujian yang dilakukan terdapat hasil daya dan torsi maksimal sebesar 8,6 HP pada rpm 6.800 dan torsi 9,9 Nm pada rpm 7.000 untuk roller dengan berat 13 gram, untuk roller 12 gram mendapatkan hasil daya 8,1 HP pada rpm 6.200 dan torsi 9,7 Nm pada rpm 6.200, untuk roller 10 gram daya 8,6 Hp pada rpm 7.000 dan torsi 9,2 Nm pada rpm 7.000, serta untuk roller 8 gram mendapatkan hasil 8,8 HP pada rpm 7.800 dan torsi 8,2 Nm pada rpm 7.800. Untuk berat roller yang menghasilkan daya dan torsi sama besarnya terdapat pada roller 13 gram.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-16