Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SMAN 1 Karanganyar Demak
Keywords:
Budaya Sekolah, Efektifitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui budaya sekolah di SMAN 1 Karanganyar Demak?, (2).Mengetagui efektivitas pembelajaran di SMAN 1 Karanganyar Demak?,(3).Mengetahui Apakah ada pengaruh budaya sekolah terhadap efektivitas pembelajaran di SMAN 1 Karanganyar Demak. ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunkan sampel jenuh, Penelitian kuantitatif ini menggunakan sampel jenuh, sehingga disebut sebagai penelitian populasi. Penelitian ini melibatkan 55 guru dari SMAN 1 Karanganyar Demak.Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Penelitian ini menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : SMAN 1 Karanganyar Demak memiliki budaya akademik, demokratis dan sosial terhadap efektivitas pembelajaran di SMAN 1 Karanganyar Demak termasuk dalam penilaian yang efektif. Hal tersebut ditunjukkan dengan kemampuan mempersiapkan pembelajaran, kemampuan melaksanaan pembelajaran, kemampuan melakukan interaksi belajar mengajar dan kemampuan melaksanakan penilaian terhadap hasil pembelajaran dimiliki oleh guru. Hasil persamaan regresi linear adalah sebagai berikut: Y = 52,903 + 0.209X; a = 52,903 adalah yang baik. Mereka juga memiliki budaya pembelajaran yang efektif, yang ditunjukkan dengan kemampuan untuk mempersiapkan pelajaran, melaksanakan pelajaran, berinteraksi dengan siswa, dan nilai konstanta, sehingga nilai konstanta dapat diabaikan jika nilai X sama dengan nol; b = 0,209 menunjukkan bahwa variabel budaya sekolah berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran, dan bahwa jika variabel budaya sekolah meningkat sebesar satu satuan, maka efektivitas pembelajaran akan meningkat.