PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Alfamart Sultan Fatah Demak) TAHUN 2023
Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya persaingan antar minimarket modern, yang mendorong pemilik usaha menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Fokus penelitian adalah pada Alfamart Sultan Fatah Demak, khususnya terhadap keluhan konsumen mengenai harga dan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 81,317 dan signifikansi 0,000 (< 0,05). Nilai R square sebesar 56,2%, menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 56,2%, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain.
Secara parsial, harga (t hitung 3,522; sig. 0,001) dan kualitas pelayanan (t hitung 5,713; sig. 0,000) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin terjangkau harga dan semakin baik pelayanan yang diberikan, semakin tinggi minat konsumen untuk melakukan pembelian di Alfamart Sultan Fatah Demak.