POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN NGELOWETAN KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK
Keywords:
Komunikasi, Pola Komunikasi , Motivasi BelajarAbstract
Pola komunikasi guru dan murid dalam meningkatkan motivasi belajar sangat penting, karena komunikasi guru dan murid dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memberikan penjelasan dan pemahaman atas materi pembelajaran yang diberikan kepada murid saat di kelas. Dengan guru memberi motivasi belajar kepada murid itulah dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar.
Dalam penelitian yang dilakukan, penulis ingin mengetahui bagaimana pola komunikasi Guru dan Murid dalam meningkatkan motivasi belajar di SDN Ngelowetan Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Beberapa teori komunikasi penelitian ini antara lain : (1).teori pertukaran sosial, (2).teori kredibilitas, (3).teori behaviorisme, (4).teori interaksi simbolik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan komunikasi dan dibahas secara deskriptif. Penulis menggunakan teknik purposif sampel untuk untuk memperoleh informan. Data yang digunakan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan pola dan proses komunikasi yang digunakan adalah pola rantai yakni dalam memotivasi, guru melakukan pendekatan kepada murid. Peran utama guru dalam memberi motivasi belajar dengan membentuk karakter murid agar memiliki budi pekerti dan adab dalam berperilaku serta menumbuhkan rasa keingintahuan dalam mempelajari pelajaran disekolah dengan melakukan pendekatan komunikasi.