PENGARUH KUALITAS PELYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAHUN 2021
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Semakin banyaknya persaingan ritel modern saat ini banyak pemilik usaha ritel yang menggunakan starategi pemasaran agar dapat mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini dilakukan di Indomaret Jogoloyo Demak Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk menjawab pertanyaan yang diberikan kepada konsumen. Dalam penelitian menggunakan dua varibel yaitu kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang berbelanja di Indomaret Jogoloyo Demak, sedangkan keputusan pembelian variabel (Y). Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan skala likert sebagai instrument penelitian. Metode yang digunkan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalityas, multikolinertas, dan uji heteroskasiditas, analisis regresi linier berganda, uji determinasi, uji F dan uji t.
Hasil dari pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R squre sebesar 0.577 yang memiliki arti pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 57% dengan sisanya 43% keputusan pembelian dipengaruhi faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji simultan dengan Fhitung sebesar 66.171 > Ftabel 3.94 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan secara simultan kualuitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Jogoloyo Deamal. Hasil pengujian persial kualitas pelayanan memeliki thitung 1,986 > ttabel 1,6602 dengan signifikansi 0,050 = 0,05 artinya secara persial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputuasan pembelian dan harga menunjukkan nilaai thitung 8,831 > ttabel 1,6602 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 maka dapat disimpulkan secara persial harga berpengaruh positif da n signifikan terhadap keputusan pemblian pada Indomaret Jogoloyo Demak.
Indomaret diharapkan melakukan peningktan kualita pelayanan seperti pemahaman karyawan terhadap produk yang dijual dan melakukan pengembangan daevaluasi terkait harga yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen.